Dokumen Pribadi Japris, 2021

Pada tahun 1980 Accropode adalah unit lapis pelindung yang sudah menerapkan penempatan secara acak dan ditata satu lapis. Kemudian disusul Core – loc pada tahun 1994 dan Xbloc pada tahun 2003 (Van der Meer, 1999). Accropode memiliki koefisien stabilitas tinggi yang berasal dari bentuknya serta dari teknik penempatan terkait (Interlocking). Accropodes dapat digunakan pada semua jenis struktur pemecah gelombang – gelombang besar seperti melindungi pelabuhan atau pembangkit listrik tenaga nuklir. Teknologi dengan biaya perawatan minimal karena struktur ini biasanya dimaksudkan untuk menahan gelombang tanpa mengalami kerusakan. Accropodes ditempatkan dalam satu lapis dalam sisi yang telah ditentukan. Interlocking terbaik dari Accropodes dapat dicapai pada lereng yang curam.

Selain accropod, pengembangan lebih lanjutnya adalah Core–loc dimana unit lapis pelindung tersebut lebih ramping dan bentuk kakinya tiruan dari Dolos. Stabilitas hidraulik unit pelindung Core-loc lebih baik daripada Accropod; namun koefisien stabilitas yang direkomendasikan untuk desain mendekati koefisien Accropod. Beton berkualitas lebih tinggi atau tulangan telah diterapkan untuk meningkatkan integritas struktural. Prosedur penempatan untuk Core-loc dan Accropod serupa.

Xbloc adalah unit batu lapis pelindung dengan kekuatan struktural mirip dengan Accropode. Stabilitas hidraulik lapisan pelindung Xbloc mirip dengan lapisan pelindung Accropode dan Core-loc. Unit Xbloc ditempatkan bervariasi secara acak. Unit batu lapis pelindung yang ditata satu lapis dan ditempatkan secara acak adalah unit pelindung pemecah gelombang yang paling canggih. Unit ini dapat ditempatkan diperairan dalam dan dapat menahan beban gelombang yang besar. Penempatan lapisan tunggal secara signifikan lebih hemat biaya daripada lapis ganda. Dengan penataan satu lapis membutuhkan perawatan yang lebih sedikit daripada unit batu lapis pelindung ditata dua lapis atau ganda.

excellentsteeloman.com, 2022

Sumber: 

Van der Meer, J. W. (1999). Design of concrete armour layers. Proceedings of the International Conference Coastal Structures ’99 : Santander, Spain, 7-10 June 1999, Volume 1, June 2009, 213–221.

Slot gacor https://e-smile.tubaba.go.id/assets/